Setelah hampir 3 tahun berjalannya usaha pertama saya yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelatihan komputer, warnet, Web development, dan servis komputer dengan brand IGLO COMPUTER yang telah memberikan saya pengalaman pahit manis getir dalam proses menjalankannya, Telah banyak proses pembelajaran yang saya bisa ambil dalam proses merintisnya dari sebuah keberanian untuk memulai suatu hal yang sebelumnya belum pernah saya lakukan, dengan bermodalkan keyakinan dan tekat kuat untuk mengibarkan bendera IGLO COMPUTER di wilayah jember dan sekitarnya " mang mo upacara pake kibarkan bendera he he " dimulai dari kampung halamanku di jember jawa timur sebagai sebuah debut bisnisku yang membuat wawasanku terbuka mengenai " what business is ? ", ternyata berbisnis itu kaga seseram yang aku bayangkan sebelumnya setelah memutuskan keluar dari zona nyaman sebagai seorang karyawan, yang intinya selama kita mau berusaha rezeki itu akan datang, kalau masalah jumlahnya itu relatif yang terpenting kan cukup dan berkah he he he jadi kasih ceramah neh. so pesenya bagi temen-temen yang masih ragu ingin membuka usaha jangan ragu lagi segera buka usaha impian anda jangan menunggu sampai siap segalanya karena sampai kapanpun anda tidak akan pernah siap, memang lebih bijaksana membuka usaha itu sesuai dengan kemampuan yang kita miliki dan gak perlu "ngoyo" buatlah diri dan usaha anda tumbuh dan berkembang beriringan sehingga akan terjadi sebuah sinergi yang saling menguatkan satu sama lainya intinya kalo buku-buku wirausaha yang sering saya baca mengatakan yang penting action, action dan action! atau mulai, mulai, mulai! kapan mulainya? ya sekarang lah!, mo nunggu apa lagi! pensiun, dana cukup kelamaan keburu kalian tua dan kehilangan banyak energi untuk memacu adrenalin kalian dalam proses naik turunnya bisnis anda, asik loooch beneran kalau saya bisa analogikan bikin usaha dan menjalankannya itu seperti naik roller coster naik turun dengan extreme tapi seru loch beda banget kalo kita jadi karyawan yang menjalankan segala sesuatu serba terbatas alias tidak bebas semua dibatasi oleh kewenangan dan sistem di perusahaan yang sudah berjalan akan membatasi kreatifitas berfikir kita, dijamin anda akan seperti robot berseragam yang secara jiwa terpenjara he he he tapi ini bukan sebuah generalisasi dari semua profesi karyawan loch, penilaian ini hanya bersifat subjective dari sudut pandang saya sebagai seorang penulis yang pernah mengalami masa-masa sebagai seorang karyawan, he he he so jangan membuat sebuat kesimpulan bahwa saya sedang melakukan justifikasi atas sebuah profesi tertentu ya jika yang membaca salah satu karyawan yang memiliki beda pendapat dengan saya ya bisa jadi memang itu sebuah perspective saya yang keliru dan apabila ada salah seorang pegawai merasa tulisan saya benar ya mungkin bisa jadi kebetulan semata so just easy reading aja lach gak usah dibuat njlimet mo jadi pegawai atau pengusaha yang penting cari uangnya halal kaga nyolong he he he, lanjut ya, nanti malah kelamaan bahasnya,  eh iya sampai lupa neh kasih snapshot dari usaha saya neh foto salah satu dari sudut usaha saya, cekidot gan!
mungkin dari beberapa pembaca tulisan ini ada yang mikir "neh orang pede banget dengan usaha gini aja, kepedean neh orang atau terus gua harus bilang wow gitu" dan jawaban saya apa? ingin tau apa ingin tau banget he he he, dan jawabannya adalah biarin aja mang gw pikirin yang jelas saya bukan kepedean atau sok pamer tapi lebih merasa bangga bisa tumbuh dan berkembang dengan usaha yang saya rintis selama hampir 3 tahun ini, yang tidak hanya memberikan saya materi tapi juga sebuah pendewasaan berfikir dan yang terpenting adalah saya jadi lebih kenal sosok " TUHAN " sebagai Dzat pemberi rezeki. 
http://www.iglocomputer.com/

Setelah merasa usaha pertama saya sudah berjalan dengan stabil saya memutuskan untuk mencoba usaha yang lainnya dengan menyisihkan sedikit tabungan dari usaha pertama saya, saya mencoba ternak ikan he he he kaga nyambung ya, emang gak nyambung banget tapi ya emang sengaja cari materi usaha yang gak nyambung biar ada kompensasi. kalau sebelumnya hanya berfokus pada benda mati mulu "Komputer" nah sekarang mencoba dengan mahluk hidup he he he soalnya sepertinya seru bisa liat ikan kecil kecil pada renang kesana kemari, obat stress paling murah loch he he he, lantas kok bisa saya berfikir untuk menjalankan bisnis yang notabene saya sendiri tidak tau seluk beluknya, belajar saja tidak pernah, baik di sekolah maupun di kuliah lawong kuliahnya aja apa dulu he he he, teringat sebuah istilah yang sering dipakai oleh beberapa pelaku bisnis yaitu " BOTOL " berani optimis dengan tangan orang lain - dah jelas kan sekarang bahwa saya tidak terjun sendiri dalam menjalankan usaha ke 2 saya ini, saya menggunakan jasa orang lain yang saya nilai lebih kompeten di bidang ini dan dengan sistem bagi hasil saya mulai melobi tetangga saya sendiri agar saya bisa merealisasikan usaha ini, sehubungan tetangga saya memiliki lahan yang cukup luas yang kurang produktif dan saya awali untuk membangun beberapa kolam di lahan tersebut yang kemudian dapat di manfaatkan sebagai media pebibitan ikan gurameh dan ikan lele, mudah mudahan berkah ya teman-teman jadi bagi yang baca tulisan saya ini sekalian neh minta doanya agar semuanya berjalan lancar, jadi kan nanti ada cerita lagi mengenai bahasan berbisnis budidaya ikan lele dan gurameh kali kali bermanfaat, penasaran ingin melihat tampilan kolamnya he he he narcis ye, kaga lach! hanya ingin berbagi saja kok, so let's Cekidot!

"JANGAN PERNAH TAKUT UNTUK MEMULAI USAHA APAPUN MESKIPUN ANDA BELUM SIAP, KARENA ANDA AKAN DIBUAT SIAP SETELAH ANDA MEMULAINYA - KURNIA HASAN"